Wednesday, April 19, 2017

Pertama Kali Naik Pesawat Terbang? Ini Tipsnya

Untuk pemula, naik pesawat terbang untuk pertama kalinya dapat disebutkan cukup membingungkan. Saya bakal sharing pengalaman langkah naik pesawat lion air, dari mulai pesan tiket on-line atau e-ticket, masuk bandara ke sisi departure (keberangkatan), check in, boarding, sampai naik serta menggunakan sabuk pengaman.

Waktu itu, saya dari lokasi Blok M, Jakarta Selatan menginginkan menuju Semarang. Automatis, saya mesti naik damri menuju Bandara Soekarno-Hatta. Damri saya tentukan lantaran lebih murah, cukup Rp 40 ribu.



Cobalah banding dengan naik taksi, tentu mahalnya minta ampun. Ini pengalaman saya pertama kalinya naik pesawat lion air serta tidak paham langkahnya. Bingung, bukan?

Mencari tiket online
Jaman serba modern serta mutakhir. Saya segera mencari e-ticket di beberapa website yang murah. Dapatnya di Traveloka, saat itu. Anda dapat juga beli di beberapa website tiket, seperti tiket. com serta lain sebagainya.

Oke, telah bisa. Cus pergi ke Bandara. Di tiket on-line itu, ada info terminal mana yang perlu dikunjungi. Bila saya sih bisa terminal 1 A Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

langkah check in pesawat lion air
Situasi check in pesawat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta. © Tribunwisata. com


Check in
Masuk saja ke sisi departure (keberangkatan), mencari tempat untuk check in. Umumnya antri. Disana, saya tunjukkan e-ticket dari HP smartphone saya serta KTP. Saya memperoleh tiket.

Saat itu, barang bawaan saya amat sedikit hingga tak perlu membayar cost penambahan untuk bagasi hingga segera saja menuju tempat menanti pesawat.

Boarding
Sesudah check in, saya menuju tempat menanti pesawat. Dimana tempatnya? Saksikan saja di tiket, di situ ada info dimana mesti menanti boarding.

Janganlah ketiduran atau ngantuk, ya! Pengalaman naik pesawat lion air, tempat boarding berubah-ubah. Jadi mesti dengarkan nada embak-embak atau pengumuman selalu. Awalannya, saya bisa tempat boarding A14 di tiket, namun di monitor pemberitahuan jadi A7. Serta... pengumumannya jadi A8. Jadi mesti simak baik-baik pengumuman, ya..

Bila telah punya kebiasaan, langkah naik pesawat untuk pemula begitu gampang. Namun, bila tak punya kebiasaan, terlebih pertama kalinya, wah bingung banget deh.

Naik pesawat
Langkah menggunakan sabuk pengaman di pesawat? Mudah, serupa dengan pakai sabuk pengaman di mobil. Cukup dihubungkan serta ditarik hingga cocok pada lingkar tubuh kita.

HP di model pesawat atau dimatiin, ya? Pengalaman saya, saya lupa mematikan HP, waktu pesawat terbang ke awan, tanda mendadak hilang. Mengakibatkan, baterai segera habis lantaran bekerja mencari tanda namun tak ada tanda. Tambah baik dimatikan saja.

Terutama, HP yang menyala dapat mengganggu tanda penerbangan hingga diharuskan untuk mematikan HP sepanjang perjalanan. Saya sukai berpetualang hingga sukai saksikan panorama indahnya langit diantara awan-awan sepanjang perjalanan di hawa.

Kebetulan cocok saya naik, cuaca tengah jelek. Mujur tak berlangsung apa-apa serta selamat tiba di tujuan. Cukup 1 jam lebih 10 menit, saya telah tiba di Bandara Ahmad Yani Semarang. Cepat sekali bukan?

Turun saja, jangan pernah ada barang ketinggal. Bisa deh bila ingin bebrapa photo selfie waktu di bandara. Bila saya sih malu, hehe. Wong naik pesawat saja kok. Hehe. Namun, bila anda ingin tidak permasalahan kok. Banyak pula yang bebrapa photo, lantas diupload ke Instagram, Facebook, Twitter, BBM, Whatsapp, dan lain-lain.

Hingga ditempat maksud, segera ke arrival atau kehadiran. Ingin ke kota? Saya sih pakai Go-Jek lebih murah daripada taksi. Cukup install di aplikasi Android, serta pesan. Atau dapat Go-car.

Nah, tersebut tips komplit langkah naik pesawat terbang untuk pemula dari pengalaman pertama kalinya naik Lion Air sendiri. Dari check in, boarding, menggunakan sabuk pengaman, sampai beli tiket dengan e-ticket. Bila sudah mengetahui panduan serta kiatnya, wisata ke mana-mana gunakan pesawat jadi begitu gampang. Selamat coba ya travelers! -- Dias, Depok.

No comments:

Post a Comment